-->

Adsense Right Sidebar

Iklan

7 ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH DILIHAT MANUSIA

BRITA10 | Ular adalah kelompok reptilia tidak berkaki dan bertubuh panjang yang hidup tersebar luas di bumi. Ular merupakan salah satu jenis reptil yang paling sukses berkembang di dunia dengan dapat ditemukan disemua tipe habitat hutan, padang rumput, gurun, sungai, dananu, dataran tinggi, perkebunan, persawahan, laut dan juga pemukiman manusia dengan berbagai jenis dan ukuran.

Salah satu jenis ular terbesar di dunia yang sering dijunpai manusia hingga kini adalah ular Anaconda Hijau dan Phyton Sanca. Selain itu masih banyak lagi ular raksasa yang pernah hidup di bumi yang diketahui oleh manusia seperti 7 ular terbesar di dunia dibawah ini.  

7. Ular Titanoboa


ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH DILIHAT MANUSIA

Titanoboa (boa titan) adalah salah satu ular terbesar yang pernah dilihat manusia pada sekitar 60 - 58 juta tahun yang lalu pada periode Paleosen. Satu-satunya spesies dari genus ini yang diketahui manusia adalah Titanoboa cerrejonensis, ular terbesar yang pernah hidup di bumi. Para ilmuwan memperkirakan bahwa ular ini memiliki panjang 14-15 meter dengan berat lebih dari 1.100 Kg. Fosil ular ini pernah ditemukan di tambang batu bara Cerrejon di Columbia Utara pada tahun 2009. 

Baca Juga : 10 Ular Berbisa Paling Mematikan di Indonesia

6. Ular Boa


ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH DILIHAT MANUSIA

Masyarakat di kota Guping, Provinsi Jiangxi, Cina pernah dihebohkan oleh kemunculan Ular Boa raksasa berukuran 16,7 meter dengan berat badan 308 kg. Ular yang dipredisikan telah berusia 140 tahun ini ditemukan oleh para petugas kehutanan di Cina saat membuka hutan dengan menggunakan bolduzer. Mereka secara tidak sengaja menabrak salah satu ular terbesar di dunia ini hingga tewas.

5. Anaconda Hijau


ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH DILIHAT MANUSIA

Di atas adalah foto ular Anaconda Hijau yang disebarluaskan oleh surat kabar lokal A Provincia do Para. Ular yang ditemukan di Sungai Abuna Rio negara bagian Acre, Brasil ini diduga memiliki panjang 15 meter dengan berat mencapai 500 kg dan berdiameter hingga 1 meter. Meskipun ukuran ini merupakan salah satu ukuran ular terbesar di dunia yang pernah di catat, Namun masyarakat setempat mempercayai adanya spesimen-spesimen lainnya yang lebih besar. 

Ular Anaconda Hijau (Eunectes murinus) adalah spesies ular boa raksasa yang tersebar luas di daerah tropis Hutan Amazon, Amerika Selatan. Ular ini merupakan salah satu ular terbesar di dunia yang pernah dilihat oleh manusia. 

4. Ular Nabau


ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH DILIHAT MANUSIA

Seorang anggota komite bantuan bencana pada 31 Januari 2009 saat memantau situasi banjir di Ulu Rajang dengan menggunakan helikopter melihat seekor ular raksasa Nabau berenang di sepanjang Sungai Baleh, Kalimantan Utara.

Berdasarkan legenda dari masyarakat setempat, Memang dipercaya adanya Ular Nabau sepanjang 33 meter. Menurut kepercayaan ular ini bisa mencapai panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di sepanjang Sungai Baleh mempercayai adanya ular ini karena masyarakat disini sering melihat ular-ular raksasa ini di sungai tersebut.  

Baca Juga : 10 Fakta Menarik Tentang Ular King Cobra
 
3. Ular Raksasa Kongo


ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH DILIHAT MANUSIA

Pada tahun 1959, Saat terbang dengan menggunakan helikopter melintasi wilayah Katanga, Republik Demokrasi Kongo, Kolonel Remy Van Lierden mengklaim telah melihat seekor Ular Raksasa Kongo muncul dari sebuah lubang.

Dia menggambarkan panjang ular itu mencapai sekitar 15 meter dengan rahang berbentuk segitiga. Bagian atasnya berwarna cokelat gelap dan hijau serta bagian bawahnya berwarna terang. Setelah penemuan itu ia kemudian berbalik dan melintasi ular tersebut lebih rendah lagi untuk memungkinnya memotret lebih jelas lagi.

2. Ular Phyton Sanca


ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH DILIHAT MANUSIA

Jenis ular yang termasuk dalam keluarga Piton ini merupakan salah satu jenis ular terbesar di dunia yang pernah dilihat oleh manusia. Ular Phython Sanca bisa mencapai panjang 14-15 meter dengan berat hingga 500 kg. Ular ini banyak hidup di Hutan Kalimantan, Hutan Sumatera, Indonesia.

Salah satu spesies ular piton sanca terbesar pernah ditemukan di Hutan Sumatera pada tahun 2002 yang lalu dengan panjang 14 meter dengan bobot mencapai 447 kg dari jenis Phyton Guihua Sumatera.

Baca Juga : 10 Ular Paling Mematikan Di Dunia  

1. Ular Yacumama


ULAR TERBESAR DI DUNIA YANG PERNAH DILIHAT MANUSIA

Keberadaan Ular Yacumama memang masih menjadi misteri dan mengundang banyak perdebatan. Banyak peneliti berusaha membuktikan kebenaran tentang keberadaan mahluk mitologi yang cukup membuat penduduk Amerika Selatan Ketakutan.

Meskipun demikian menurut Mike Warner dan Greg Warner, mahluk legenda yang berada di sekitar aliran Sungai Amazon menemukan bukti yang cukup menarik tentang tempat keberadaan Yacumama. yaitu pada sebuah laguna yang terbentuk dari pertemuan dua sungai yang ia dokumentasi dalam sebuah foto. Warner bersaudara telah menemukan bukti yang cukup meyakinkan tentang keberadaan mahluk legenda ini yaitu berupa penemuan jejak lintasan ular berukuran besar yang diperkirakan memiliki panjang hingga 50 meter serta sejumlah catatan berdasarkan informasi penduduk pedalaman Amazon yang pernah menjumpai mahluk raksasa Ular Yacumama.di Hutan Amazon.

BERIKAN KOMENTAR ()
 
wisata tradisi game kuliner